Growth Mindset Kurikulum Merdeka: Analisis CP, TP, dan ATP
Workshop Guru dan Pembinaan oleh Pengawas Wilayah Kecamatan Rumpin Utara
2023/2024
Growth Mindset
Kurikulum merdeka merupakan suatu pendekatan dalam pembelajaran yang bertujuan untuk mendorong peserta didik memiliki pola pikir yang berkembang. Dalam analisis CP (Capaian Pembelajaran), TP (Tujuan Pembelajaran), dan ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) yang dilakukan oleh Ibu Hj. Lasmaria Pardosi, M.Pd., pendidik dapat mengukur sejauh mana kemampuan peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Dengan adanya penilaian ini, para pendidik dapat mengevaluasi efektivitas kurikulum tersebut dan memperbaikinya agar lebih sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Dengan pola pikir yang berkembang, peserta didik diharapkan mampu mengatasi tantangan, belajar dari kegagalan, dan terus berusaha untuk mencapai tingkat prestasi yang lebih tinggi. Kurikulum ini memberikan peluang yang lebih besar bagi peserta didik untuk berkembang secara holistik, sehingga mereka dapat menjadi individu yang sukses dan mandiri di masa depan.
Kurikulum Merdeka dengan pendekatan Growth Mindset merupakan sebuah inovasi dalam dunia pendidikan. Pendekatan ini bertujuan untuk mengembangkan pola pikir yang adaptif dan berorientasi pada kemajuan. Melalui kurikulum ini, siswa didorong untuk selalu berusaha dan menghadapi tantangan dengan optimisme. Mereka diajarkan bahwa kegagalan adalah bagian dari proses belajar dan kesempatan untuk tumbuh dan berkembang. Pendidik yang menerapkan pendekatan ini memberikan umpan balik yang konstruktif dan memberikan tantangan yang sesuai dengan kemampuan setiap siswa. Dengan demikian, siswa tidak hanya belajar untuk mencapai hasil yang baik, tetapi juga belajar untuk menjadi individu yang berani mengambil risiko, memecahkan masalah, dan mengembangkan potensi mereka secara maksimal. Kurikulum Merdeka dengan pendekatan Growth Mindset menjadi landasan penting dalam membentuk generasi penerus yang siap menghadapi perubahan dan mencapai kesuksesan dalam berbagai aspek kehidupan.
Workshop ini diadakan dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan baru kepada para guru. Melalui workshop ini, para guru akan dapat memperluas pengetahuan mereka tentang metode pengajaran yang efektif dan inovatif. Mereka akan diajarkan tentang penggunaan teknologi terbaru dalam pembelajaran, strategi evaluasi yang lebih baik, serta teknik komunikasi yang efektif dengan siswa dan orangtua. Selain itu, workshop ini juga bertujuan untuk meningkatkan kolaborasi dan pertukaran pengalaman antara para guru. Para peserta workshop akan diajak untuk berdiskusi, berbagi pengetahuan, dan mengembangkan jaringan profesional mereka. Dengan demikian, diharapkan workshop ini akan memberikan manfaat yang signifikan bagi para guru dalam meningkatkan kualitas pengajaran mereka.
