Kegiatan Literasi
Menjelajah Dunia Lewat Cerita
2023/2024


MTs. Annajah adalah sekolah menengah pertama (MTs) yang berkomitmen untuk memperkuat literasi siswa-siswa mereka. Salah satu cara yang dilakukan adalah melalui kegiatan yang melibatkan kegiatan membaca oleh Kepala Madrasah, Guru bercerita, dan ekspresi literasi siswa dari perwakilan kelas.
Guna menanamkan nilai pentingnya membaca dan memberikan contoh yang positif, Kepala Madrasah di MTs. Annajah secara rutin membaca buku-buku yang relevan dengan siswa. Hal ini tidak hanya memperkaya pengetahuan serta wawasan Kepala Madrasah, tetapi juga memberikan inspirasi dan motivasi kepada siswa untuk memperluas literasi mereka sendiri. Melalui contoh ini, siswa dapat melihat pentingnya membaca sebagai suatu kegiatan yang menyenangkan dan bermanfaat.
Kegiatan literasi lainnya di MTs. Annajah melibatkan Guruyang secara berkala menyampaikan cerita kepada siswa. Cerita yang disampaikan oleh Guru tidak hanya menyajikan hiburan, tetapi juga memiliki tujuan untuk memperkuat kecerdasan emosional, kreativitas, dan pemahaman baik dalam bahasa pemecahan masalah maupun dalam menginterpretasikan cerita. Dengan cara ini, guru tidak hanya menjadi pendidik, tetapi juga penggerak literasi yang membangun rasa ketergantungan siswa terhadap cerita serta meningkatkan minat mereka dalam membaca dan menulis.
Ekspresi Literasi Siswa:
MTs. Annajah juga memberikan kesempatan kepada siswa untuk menunjukkan ekspresi literasi mereka dalam bentuk yang beragam. Dalam setiap kelas, setiap siswa diwakili oleh seorang perwakilan yang akan membagikan tulisan atau karya mereka baik dalam membaca, menulis, maupun dalam hal pemahaman materi pelajaran. Siswa dapat mengungkapkan diri mereka dengan kreatif dan mengembangkan keterampilan literasi mereka melalui kegiatan ini. Dengan mendorong siswa untuk berpartisipasi aktif dalam literasi, MTs. Annajah ingin mengembangkan mereka menjadi pembaca dan penulis yang kritis serta kreatif.
Resume Terbaik dari Masing-masing Tingkatan Kelas:
Selain itu, MTs. Annajah juga mengakui prestasi siswa dalam hal literasi. Setiap tingkatan kelas memilih resume terbaik mereka sebagai bentuk apresiasi terhadap usaha mereka dalam mengasah keterampilan literasi. Resume ini mencakup pencapaian siswa dalam membaca, menulis, pemahaman, serta keterampilan lainnya yang terkait dengan literasi. Para siswa yang terpilih akan mendapatkan pengakuan atas kerja keras mereka dan menjadi inspirasi bagi siswa lainnya untuk meningkatkan kemampuan literasi mereka.
Melalui kegiatan yang melibatkan Kepala Madrasah membaca, cerita dari Guru Mar Ali, S.Pd., ekspresi literasi siswa dari perwakilan kelas, dan penghargaan resume terbaik dari masing-masing tingkatan kelas, MTs. Annajah berkomitmen untuk memperkuat literasi siswa mereka. Dengan pendekatan yang beragam dan dukungan dari guru-guru serta kepala madrasah yang memberikan contoh yang positif, siswa di MTs. Annajah dapat mengembangkan keterampilan literasi mereka, menjadi pembaca dan penulis yang kritis serta kreatif.



